Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempercepat Loading Blog

Cara Mempercepat Loading Blog - Kecepatan memuat (loading) pada sebuah blog merupakan sesuatu yang sangat penting. Hal ini dikarenakan, blog dengan kecepatan loading yang tinggi akan lebih disukai oleh pengunjung dan search engine, dibanding blog dengan loading yang lambat. Dengan demikian, reputasi blog juga akan ikut meningkat, baik di mata pengunjung maupun mesin pencari.

Data yang dihimpun Google menyebutkan bahwa 53% pengunjung akan meninggalkan website/blog yang kecepatan loadingnya diatas 3 detik. Selain itu, pada tahun 2016 Amazon menyebutkan bahwa jika website mereka melambat satu detik saja, berpotensi menimbulkan kerugian hingga US $1,6 milyar setiap tahun.

Karena itu, mengoptimasi blog agar memiliki kecepatan loading yang tinggi merupakan suatu keharusan, terutama jika ingin blog tersebut memiliki reputasi yang baik.

Berikut adalah beberapa cara untuk mempercepat loading blog :

1. Kompres Gambar Sebelum Diupload

Selain tulisan, postingan pada sebuah blog juga biasanya dilengkapi gambar. Selain membuat tampilan menjadi lebih menarik, gambar juga bisa membantu menjelaskan isi dari postingan.
Umumnya, dalam satu postingan terdapat minimal satu buah gambar. Sebelum diupload, ada baiknya gambar tersebut dikompres terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar ukurab gambar menjadi lebih optimal, dan kecepatan loading pada blog juga semakin maksimal.

Anda bisa mengompress gambar secara online melalui compressjpeg.com. Atau bisa juga menggunakan software tertentu seperti Image Compression Tool (Android), dan software lainya.

2. Kompres CSS

CSS atau Casading Style Sheet, merupakan kode untuk mengatur tampilan elemen HTML. Singkatnya, CSS berfungsi membuat tampilan dari sebuah blog menjadi lebih menarik.
Selain gambar, CSS juga bisa dikompresi untuk menghasilkan ukuran yang lebih kecil. Cara ini juga bisa membantu meningkatkan kecepatan loading pada blog.

Untuk melakukan kompresi pada CSS, anda bisa menggunakan tools dari https://csscompressor.com atau https://cssoptimiser.com.

3. Batasi Jumlah Iklan

Salah satu sumber pendapatan seorang blogger adalah iklan. Baik itu Adsense, atau media periklanan lain. Untuk mendapatkan lebih banyak klik, beberapa blogger biasanya memasang banyak iklan pada satu halaman. Namun, hal ini bisa membuat halaman menjadi lebih berat. Imbasnya, waktu loading juga akan semakin lambat.
Terlalu banyak menampilkan iklan juga bisa mengganggu kenyamanan pengunjung.

Karena itu, usahakan untuk tidak menampilkan terlalu banyak iklan. Agar mendapat lebih banyak klik, anda bisa mengakalinya dengan menempatkan iklan di posisi yang strategis, dan terlihat oleh pengunjung.

4. Pasang Script Lazyload

Untuk meningkatkan kecepatan loading pada sebuah blog, anda juga bisa menggunakan script Lazyload. Script ini berfungsi menunda pemanggilan objek saat belum dibutuhkan. Artinya, objek seperti gambar/video tidak akan muncul sebelum ada yang membuka.
Hal ini bisa membantu meningkatkan kecepatan loading, karena hanya akan memuat halaman yang terbuka saja.

Cara memasang script lazyload sendiri cukup sederhana. Anda hanya perlu masuk ke Tema, lalu Edit HTML. Selanjutnya, pasang script diatas tag <body>.

5. Kurangi Penggunaan Plugin

Cara ini hanya berlaku untuk anda yang menggunakan Wordpress.org. Seperti yang kita ketahui, Wordpress.org merupakan layanan blogging dengan segudang plugin yang bisa diinstal. Plugin ini memiliki fungsi yang bermacam-macam, dan bisa membantu pengguna dalam mengelola blognya.
Namun, menginstal terlalu banyak plugin ternyata bisa membuat kecepatan loading blog semakin lambat. Hal ini dikarenakan, semakin banyak plugin, request pada server juga akan semakin tinggi. Dampaknya, blog akan sulot untuk dimuat.

Oleh sebab itu, disarankan untuk memasang plugin yang benar-benar diperlukan.