Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jitu Daftar Di Google Adsense

Adsense adalah jaringan periklanan yang berada dibawah kendali Google. Saat ini, program Google Adsense bisa digunakan pada website/blog atau channel Youtube. Khusus untuk Adsense yang diterapkan pada blog/website, menggunakan sistem PPC (Pay Per Klik). Artinya, penerbit akan dibayar untuk setiap klik yang terjadi pada iklan.

Komisi yang ditawarkan oleh Adsense cukup tinggi dibandingkan layanan sejenis. Karena itu, Adsense menjadi pilihan terbaik para publisher untuk memonetisasi blog/websitenya.
Namun, untuk mendaftar hingga diterima oleh Google Adsense bukan perkara mudah. Bahkan ada beberapa blogger yang ditolak beberapa kali, hingga akhirnya diterima. Tak jarang dari mereka yang memilih menyerah, dan meninggalkan aktivitas bloggingnya.

Sebenarnya, mendaftarkan blog/website untuk bergabung dengan Adsense cukup mudah, yang sulit adalah membuat blog/website tersebut diterima dan bisa menampilkan iklan.
Berikut adalah Cara Jitu Mendaftar di Google Adsense.

Langkah pertama, silahkan anda masuk ke halaman Google Adsense. Selanjutnya, klik tombol Daftar. Disana anda akan dihadapkan pada form registrasi, seperti URL Situs dan juga alamat email. Isi form tersebut, jika sudah klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

Biasanya, anda akan diminta melakukan verifikasi kembali. Cukup isi data yang diperlukan, lalu klik tombol Buat Akun.
Sekarang, akun Google Adsense anda telah berhasil dibuat. Tahap selanjutnya adalah melakukan verifikasi terhadap blog/website yang didaftarkan.

Untuk verifikasi, Google akan memberikan kode tertentu yang harus dipasang pada bagian <head> website/blog. Cara memasangnya, anda bisa masuk ke Tema lalu Edit HTML.
Jika kode sudah dipasang, klik tombol Selesai.

Terakhir, website/blog akan direview. Proses ini akan memakan waktu selama beberapa hari, sebelum dinyatakan lolos/ditolak. Namun di beberapa kasus, proses review atau peninjauan membutuhkan waktu yang lebih lama, bahkan sampai berminggu-minggu.

Sekarang tugas anda adalah menunggu hasil keputusan dari Adsense, jangan lupa berdo'a agar blog/website yang didaftarkan diaprove.

Seperti yang saya tulis sebelumnya, bahwa yang menjadi kendala dari Adsense adalah proses peninjauan hingga akhirnya diterima. Berikut adalah beberapa Tips Agar Diterima Oleh Adsense.

Buat Konten Yang Unik dan Menarik

Tips pertama, pastikan blog/website yang didaftarkan memiliki konten yang menarik, serta bermanfaat bagi pembaca. Selain itu, hindari melakukan copy paste (plagiat) saat membuat konten.

Lengkapi Halaman Pendukung

Apakah blog anda memiliki halaman privacy policy, disclaimer, term of service, dan contact us? Jika belum, mungkin itulah alasan mengapa ditolak oleh Adsense. Untuk membuat halaman tersebut, anda bisa menggunakan berbagai tools yang tersedia di internet.

Pilih Niche Yang Tidak Melanggar Kebijakan

Bisa jadi, alasan anda selalu ditolak oleh Adsense adalah karena niche yang dipilih memang tidak diizinkan. Google Adsense sendiri tidak mengizinkan blog dengan topik pembahasan seperti perjudian, p0rnografi, atau hal ilegal lainya.

Memiliki Minimal 10-15 Konten

Sebelum mendaftarkan diri untuk bergabung dengan program Adsense, disarankan agar blog/website memiliki minimal 10-15 konten. Hal ini bertujuan, agar Google lebih mudah mengenali website/blog, serta menggolongkan konten yang cocok untuk website/blog tersebut.

Memiliki Pengunjung Aktif

Selain konten yang memadai, pastikan juga blog/website yang didaftarkan memiliki pengunjung aktif. Berbeda dengan Youtube yang membutuhkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, Adsense untuk website/blog tidak disebutkan secara pasti berapa UV/PV minimal untuk bisa diterima.

Demikian postingan mengenai Cara Jitu Mendaftar di Google Adsense, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.