Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi Penolakan Dari Google Adsense

Tips Mengatasi Penolakan Dari Google Adsense - Bagi sebagian orang, Adsense merupakan jalan terbaik untuk mendulang penghasilan di internet. Sayangnya, proses untuk mendaftar hingga diterima menjadi publisher Adsense tidaklah mudah. Bahkan tak jarang blogger memilih untuk pensiun, dan mengakhiri aktivitas bloggingnya akibat ditolak Adsense.

Hal ini dikarenakan, tidak ada jaminan bahwa website/blog yang didaftarkan dapat diterima Adsense. Bahkan blog dengan konten yang memadai serta memiliki pengunjung tetap juga belum tentu bisa diterima. Sebaliknya, ada blog yang memiliki sedikit postingan, bahkan tidak memiliki pengunjung tetapi dapat diterima oleh Adsense.

Saat blog/website anda ditolak, Adsense memberitau melalui email, disertai alasan seperti "Konten tidak memadai", dan sebagainya.
Untuk anda yang sering mengalami penolakan, berikut adalah Tips Mengatasi Penolakan Dari Google Adsense.

Ditolak Akibat Konten Tidak Memadai

Alasan penolakan yang pertama adalah Konten Tidak Memadai, alasan ini juga cukup sering ditemui oleh blogger Indonesia. Penolakan ini biasanya diakibatkan oleh konten yang kurang berbobot. Artinya, konten diblog anda masih dinilai kurang memberikan manfaat bagi pembaca.

Cara mengatasinya, usahakan untuk membuat artikel yang jelas dan bisa memberikan manfaat bagi para pembaca. Disarankan artikel setidaknya memiliki 500 kata, dan dilengkapi dengan gambar pendukung.
Selain meningkatkan kemungkinan diterima Adsense, artikel yang berbobot juga bisa mempengaruhi posisi anda di mesin pencari.

Ditolak Karena Tidak Dapat Meninjau Situs

Penolakan selanjutnya adalah karena Tidak Dapat Meninjau Situs. Umumnya, alasan ini dialami oleh blog yang masih baru. Pastinya blog baru masih minim pengunjung, dan belum terindeks dengan baik oleh Google.

Jika anda mengalami penolakan dengan alasan "Tidak dapat meninjau situs", cobalah untuk menunggu 1-2 bulan sebelum mendaftarkan kembali.
Selain itu, jangan lupa juga untuk mengoptimasi blog melalui Google Webmaster.

Ditolak Akibat Navigasi Situs Sulit

Selain konten, menu navigasi juga menjadi salah satu penentu apakah diterima atau ditolak oleh Adsense. Dibeberapa kasus, ada yang mengalami penolakan dengan alasan Navigasi Situs Sulit. Artinya, website/blog yang didaftarkan memiliki menu navigasi yang sulit dijelajahi/digunakan.

Cara mengatasinya, anda bisa memperbaiki secara manual dengan mengedit template. Jangan lupa untuk menambahkan halaman pendukung seperti disclaimer, term of service, privacy policy, dan contact us. Untuk membuat halaman tersebut, anda bisa menggunakan tools seperti privacypolicygenerator.com.

Ditolak Karena Tidak Sesuai Dengan Kebijakan Google

Alasan dibalik penolakan Adsense selanjutnya adalah Situs Tidak Sesuai Dengan Kebijakan Google. Untuk alasan ini, tidak diketahui secara pasti apa penyebabnya. Dikutip dari Dewailmu, jika anda mengalami penolakan dengan alasan seperti ini, cobalah untuk membuat konten yang original dan bukan hasil copy paste.

Selain itu, sebelum mendaftar pastikan anda membaca dan memahami kebijakan Google. Pastikan juga topik dari blog yang didaftarkan bukanlah niche ilegal dan dilarang oleh Google.

Ditolak Akibat Alamat Kontak Tidak Valid

Adsense mewajibkan penerbitnya untuk memberikan alamat asli. Tujuanya, untuk mempermudah pengiriman PIN. Alamat yang keliru bisa menyulitkan Google saat mengirim surat PIN.
Jika anda mengalami penolakan akibat Alamat kontak tidak valid, silahkan masukan alamat pembayaran yang lengkap dan benar pada Adsense.

Ditolak Akibat Akun Terkait Akun Lainya

Alasan penolakan yang terakhir biasanya akibat akun terkait akun lainya. Pada dasarnya, Adsense tidak mengizinkan kita memiliki lebih dari satu akun pada satu perangkat. Untuk itu, pastikan anda hanya memiliki satu akun saja di satu perangkat.

Demikian postingan mengenai Tips Mengatasi Penolakan Dari Google Adsense, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.