Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Subdomain Di Blogspot

Cara Mudah Membuat Subdomain Di Blogspot - Sebelum ke pembahasan, sobat harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan subdomain. Kalau berbicara domain pasti sebagian besar sobat blogger sudah mengetahuinya. Tapi kalau subdomain itu apa ya? Subdomain merupakan turunan, anak, atau bagian dari domain utama. Misalnya domain utama www.penulismiskin.com dan subdomainnya coding.penulismiskin.com, film.penulismiskin.com, berita.penulismiskin.com dan lain sebagainya. Nah sampai disini saya yakin pasti sobat blogger sudah mengerti apa yang menjadi pengertian dari subdomain tersebut.

Mungkin ada pertanyaan baru lagi yang muncul dipikiran sobat blogger. Apa sih kelebihan jika memakai subdomain? Ternyata setelah saya mencoba membuat subdomain, ternyata banyak sekali keuntungannya. Berikut dibawah ini merupakan keuntungan memakai subdomain diantaranya yaitu :
  1. Untuk membuat subdomain yang dikaitkan ke blog lain sobat blogger, ternyata tidak memerlukan biaya tambahan. Yang penting sudah membeli 1 domain, sobat bisa membuat subdomain yang banyak secara gratis.
  2. Kalau sebelumnya sobat sudah memiliki domain, kemudian sudah banyak di kenal banyak orang dengan citra yang baik, maka subdomain yang baru di buat kemudian di kaitkkan ke blog baru akan mempunyai citra yang baik juga. Contoh website besar seperti tribunnews.com, subdomainnya memakai nama setiap daerah di Indonesia. Pasti sobat blogger pernah melihatnya.
  3. Domain utama akan lebih dipercaya karena memiliki anak domain yang citra nya bagus di mata visitor. Jadi blog yang dikaitkan dengan subdomain juga harus dijaga artikel yang diposting benar-benar bermanfaat untuk banyak orang. Begitu juga sebaliknya.
  4. Jika domain utama sudah di terima google adsense, ternyata blog yg dikaitkan dengan subdomain dari domain utama sudah langsung bisa dipasang iklan adsense.

Apabila sobat ingin mencobanya, silahkan ikuti tutorial berikut ini.
  • Pertama masuk ke blog baru yg di buat dari blogger.com
  • Kemudian tambahkan subdomain dengan format namasubddomain.domain.tdl, misalnya saya mempunyai domain bloggermanado.id maka akan saya buat subdomainnya yaitu lirik.bloggermanado.id. Lebih jelasnya lihat contoh dibawah ini.
  • Setelah klik simpan maka akan diminta verifikasi subdomain tersebut pada DNS di mana sobat beli domain.
  • Buka akun domain untuk membuat pengaturan CNAME subdomain. Kalau saya beli di Niagahoster jadi untuk pengaturan saat mudah sekali.
  • Kemudian klik Custom Blogspot, seperti yang terlihat pada gambar berikut.
  • Masukkan pengaturan CNAME yang didapatkan dari blogspot tadi.
  • Kemudian Save Changes. Setelah ada pesan berhasil dikaitkan, sobat kembali ke akun blogger untuk mengaitkan kembali subdomain tersebut.
  • Maka jika berhasil akan nampak seperti gambar berikut ini.
  • Langkah berikutnya yaitu memilih Ya pada pengalihan http ke https. Proses ini bisa cepat bisa lama tapi minimal 1x24 jam.
  • Kemudian setelah berhasil semua proses diatas, langkah terakhir sobat harus kirim peta situs ke webmaster agar artikel blog dengan subdomain tersebut cepat terindex.

Selamat mencoba dan semoga berhasil. Apabila ada yang tidak paham atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar yang susah tersedia.