Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa saja kelebihan dan kekurangan hosting gratisan di Blogspot?

Apa sih kelebihan dan kekurangan blogspot? Kalau yang sudah pro pasti sudah mengetahui jelasnya bagaimana. Untuk yang pemula, berikut pembahasan mengenai hal tersebut.

Aman. Hampir 99% blog yang dihosting di Blogspot akan aman dari serangan hacker. Ini karena hosting Blogspot terletak di sistem cloud Google yang sangat canggih dan sukar dibobol oleh hacker.
Terpercaya. Blog-mu tidak akan tiba-tiba down karena kebanyakan pengunjung. Hosting di Google kapasitasnya sangat besar dan lega, sehingga sangat jarang down.

Kekurangan utama menggunakan hosting gratisan di Blogspot adalah konten blogmu bisa sewaktu-waktu dihapus oleh Google jika dianggap melanggar aturan (misalkan: mempublikasikan konten pornografi, perjudian, dan barang-barang ilegal, atau copy-paste mentah-mentah dari blog lain). Jika artikel-artikel yang kamu tulis di blog merupakan artikel berkualitas yang original, kamu tidak perlu khawatir kalau blog-mu dihapus oleh Google.

Kekurangan lainnya adalah terbatasnya template yang bisa dipilih. Berbeda jika kamu memiliki hosting sendiri. Kamu bisa membangun blog benar-benar dari nol, dengan menggunakan Wordpress, Joomla, maupun sistem penyedia layanan lainnya. Blog yang dihosting di Google hanya bisa dimodifikasi secara terbatas, tidak bisa ditata sesuka hati (tidak bisa menggunakan script PHP).

Ibarat membangun rumah, hosting gratisan di Google sudah ada kerangka bangunan yang tidak bisa dirubuhkan, harus digunakan sebagai pedoman untuk membangun rumah. Sebaliknya, hosting sendiri berarti kamu bisa membangun rumah tersebut benar-benar dari nol, dari bata per bata.

Kekurangan lain dari hosting di Google adalah jumlah kapasitas lpenyimpanan file yang terbatas hanya 15 GB. Hal ini bisa diakali dengan membuat beberapa akun Google untuk menulis dalam satu blog, karena penyimpanan file gambar akan dihitung ke masing-masing akun Google Plus.

Berdasarkan pengalaman, blog yang saya miliki 80% dihosting di Google. Hanya blog-blog tertentu yang benar-benar saya proyeksikan untuk menjadi “suatu hal yang besar” saya hosting secara independen.

Saran saya, kamu bisa menggunakan hosting gratisan dari Blogspot. Kalau ingin terlihat lebih profesional, beli saja domain “.com” dari niagahoster.co.id (harganya 100-150 ribu rupiah), lalu kaitkan dengan blogspot yang kamu miliki. Untuk cara mengaitkan domain, nanti saya bahas pada postingan selanjutnya.