Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blog Bahasa Indonesia Atau Bahasa Inggris?

Mana yang lebih bagus? Blog Bahasa Indonesia Atau Blog Bahasa Indonesia? Hal ini penting dalam kita mengelolah blog. Banyak sekali perbedaan dalam mengelolah kedua blog tersebut, tapi yang paling penting yaitu penentuan pada traffic dan penghasilan.

Banyak pakar internet marketer di Indonesia yang pasti menyarankanmu untuk membuat blog bahasa Inggris. Hal ini bukan tanpa alasan, terutama karena potensi blog bahasa Inggris yang lebih besar dalam menghasilkan uang daripada blog berbahasa Indonesia.
Kalau pertanyaan tersebut diajukan ke saya, saya belum tentu menjawab dengan jawaban “Blog Bahasa Inggris”. Ada berbagai kelebihan juga dalam blog bahasa Indonesia, yang kalau dikelola dengan benar akan menghasilkan lebih banyak uang untukmu.

Berikut dibawah ini merupakan analisa dari kedua blog tersebut.

Blog Bahasa Inggris

  • Menghasilkan lebih banyak uang dari iklan. Jumlah satu kali klik iklan di blog bahasa Inggris bisa sepuluh kali lebih besar daripada di blog berbahasa Indonesia.
  • Lebih mudah digunakan untuk berjualan, karena masyarakat luar negeri jauh lebih familiar melakukan transaksi jual-beli di internet.
  • Tentu saja, penulisan artikelnya jauh lebih sulit dan memerlukan penguasaan bahasa Inggris yang bagus.
  • Persaingannya jauh lebih besar, karena kamu akan bersaing dengan blog-blog dari seluruh dunia.

Blog Bahasa Indonesia

  • Peluang untuk menghasilkan uang dari iklan jauh lebih kecil. Nilai tiap klik pada iklan blog berbahasa Indonesia jauh lebih kecil dari blog berbahasa Inggris.
  • Untuk berjualan barang juga relatif lebih sulit, karena sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum familiar dalam jual-beli online.
  • Lebih mudah dalam mendatangkan trafik. Persaingan jauh lebih rendah.

Yang jelas, lebih baik tidak membuat blog dalam bahasa campur-campur. Blog jenis ini tidak akan menghasilkan pemasukan yang optimal.

Pada intinya, yang paling penting adalah jumlah trafik yang bisa kamu datangkan. Tak peduli apapun bahasa yang kamu gunakan di dalam blog, makin banyak trafik (pengunjung), makin besar pula peluang untuk menghasilkan uang. Namun perlu diingat juga, trafik dari negara-negara berbahasa Inggris seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada nilainya jauh lebih besar daripada trafik dari Indonesia.

Saya sendiri ketika pertama kali belajar blogging terlebih dahulu menulis berbagai artikel dalam bahasa Indonesia. Setelah memiliki trafik yang cukup stabil, sekitar 10,000 per hari, saya mulai beralih ke blog berbahasa Inggris. Setelah menjalani proses selama beberapa bulan, saya mulai menemukan metode yang asyik: membuat artikel dalam bahasa Indonesia, kemudian menerjemahkannya ke bahasa Inggris.

Intinya, kalau kamu nyaman menulis dalam bahasa Inggris, nggak ada salahnya untuk membuat blog bahasa Inggris. Tapi kalau kamu kurang lancar dalam berbahasa bule, nggak perlu khawatir. Buatlah blog dalam bahasa Indonesia, isi dengan artikel-artikel yang bermutu, dan pasti trafik akan berdatangan dengan sendirinya. Setelah pengunjung ramai berdatangan ke blogmu, ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk mengubah trafik tersebut menjadi uang.