Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mana Yang Bagus Topik General Atau Niche?

Menentukan tema atau topik blog juga merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan penghasilan via online. Secara garis besar, tema blog dibagi menjadi dua jenis: “General” dan “Niche”. Blog “General” adalah jenis blog dengan tema campur-campur, mulai dari hobi, film, resep masakan, tips, dan berbagai macam tema; semuanya dicampur ke dalam satu blog. Kebalikannya, blog “niche” adalah sebuah blog yang mengangkat satu tema saja.
Misalkan blog khusus tentang motor, blog khusus tentang tips-tips psikologi, blog khusus tentang resep masakan, dan masih banyak lagi. Blog-blog dengan niche tertentu juga bisa diklasifikasikan lagi ke dalam “micro niche” alias topik yang lebih spesifik lagi. Misalkan blog khusus tentang motor matic, blog khusus tentang masakan Indonesia, blog khusus tentang masakan Cina, dan sebagainya.

Mana Yang Bagus Topik General Atau Niche?

Berdasarkan pengalaman saya, blog general maupun blog niche memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Blog General cenderung lebih mudah dalam mendatangkan pengunjung dari mesin pencari. Ini karena ada lebih banyak variasi topik di dalamnya, dan otomatis akan lebih banyak sumber yang datang ke artikel-artikel blogmu.

Blog niche, walaupun lebih sulit dalam mendatangkan pengunjung, juga memiliki kelebihan tersendiri. Blog ini biasanya menghasilkan pemasukan yang lebih besar dari iklan, terutama untuk topik-topik Google High Paying Keyword, seperti asuransi, kesehatan, dan investasi. Setelah blog ini mendatangkan visitor dalam jumlah yang banyak, kesempatan untuk membuat blog niche tertentu mendapatkan pengunjung loyal juga lebih mudah daripada blog yang bersifat general.

Selain itu, blog dengan niche tertentu juga akan lebih mudah digunakan untuk berjualan barang. Bayangin aja, kamu punya blog tentang motor. Di blog tersebut, ada artikel tentang “Cara Merawat Motor Agar Tetap Awet Selama Puluhan Tahun.” Di dalam artikel tersebut, kamu bisa memasang iklan “jual cover motor”. Dijamin, pasti pengunjung yang meng-klik iklan itu dan melakukan pembelian akan jauh lebih tinggi dibandingkan pada blog yang sifatnya umum.

Kesimpulannya, kalau kamu memiliki pengetahuan, ketertarikan, atau passion di bidang tertentu; saya lebih menyarankan untuk menulis blog niche. Yang dimaksud pengetahuan, ketertarikan, dan passion nggak perlu dalam hal-hal yang bersifat berat.

Hal-hal sederhana seperti film, musik, manga, dan berbagai hobi juga bisa diangkat ke dalam topik niche yang menghasilkan uang. Tapi kalau kamu ingin merasakan pengalaman blogging yang lebih variatif, yang lebih mudah dalam mencari sumber artikel; blog bertema General adalah pilihan yang tepat.

Walaupun tema atau topik blog juga berperan penting, tetapi yang jauh lebih penting nantinya adalah eksekusi dan konsistensi kamu dalam mengupdate artikel di blog tersebut.