Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blog SEO Friendly

Setelah sobat mempunyai blog, tahap selanjutnya yaitu mengatur blog tersebut agar SEO friendly. Jika sobat pemula, pasti akan bertanya : bagaimana caranya? Sebelum kita  ke pembahasan sesuai judul artikel ini, sebaiknya sobat terlebih dahulu mengetahui apa sebenarnya dengan kata SEO ini.
SEO adalah usaha untuk membuat blog kamu bisa muncul di halaman pencarian google saat seseorang mencari sesuatu yang berkenaan dengan isi blog kamu. Jadi dalam sebuah blog SEO ini sangat penting.

Kalau berbicara tentang SEO sebenarnya banyak sekali yang akan dipelajari, bahkan sampai sekarang saya terus mempelajarinya secara otodidak. Pada waktu dan kesempatan ini saya hanya akan fokus ke SEO title dan meta description saja.

Membuat Title Tag Blog Kamu Menjadi SEO Friendly

Pastikan bila salah satu artikel blog kamu bisa muncul di halaman browser kamu, jika sudah maka bagus. Tapi jika belum kamu perlu mengatur tag dengan dengan klik kembali edit HTML gantilah kode <title> .... </title> dengan

<b:if cond='data:blog.pageType ==
&quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
 <title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

Setelah selesai klik simpan template, maka pengaturan sudah selesai.

Membuat Meta Description Blog Lebih SEO Friendly

Langkahnya yaitu :
Pada menu SETELAH > PREFERENSI PENELUSURAN, klik EDIT pada TAG META Deskripsi, masukkan 150 karakter yang kamu anggap mengandung kata kunci yang kamu incar dan paling tepat menggambarkan isi blog setelah iru klik SIMPAN. Maka meta description kamu sudah aktif.

Setelah semua sudah tersetting
dengan baik kamu tinggal melakukan editan ringan pada heading blogspot kamu. Kamu bisa mempelajari HTML dasar yang banyak terdapat di internet misal <h3>... </h3> untuk membuat judul blog atau artikel tampak lebih besar. Setelah selesai klik SIMPAN.

Langkah terkhir tinggal mengisi artikel yang sesuai dengan tema blog kamu. Cara cukup mudah tinggal klik creat new post atau buat post baru. Ikuti petunjuk. Dan kamupun bisa upload gambar, link, dan lain-lain yang kamu suka. Untuk membuat isi tampilan lebih menarik kamu bisa klik edit HTML. Untuk membuat blog kamu semakin menarik akan sangat terbantu jika kamu belajar kode HTML dasar dan itu tidak sulit.