Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah-Langkah Membuat Blog

Bagaimana langkah-langkah membuat blog? Kita akan bahas dalam artikel ini tapi secara teknis saja, karena sudah banyak yang membahas tentang masalah tersebut. Intinya jika sobat membaca artikel ini sampai habis maka, saya yakin sobat sudah bisa membuat blog tersebut.
Ada tiga platform yang saya rekomendasikan: Blogspot, Wordpress, dan Tumblr. Dari ketiga platform tersebut, saya merekomendasikan Blogspot. Kenapa Blogspot? Alasan pertama adalah karena mudahnya untuk mengubah Blogspot menjadi ladang uang. Blogspot adalah salah satu platform milik Google, dan dengan memiliki akun Blogspot, kamu akan lebih mudah saat mencoba mendaftar Google Adsense, salah satu platform terbesar untuk menghasilkan uang dari iklan. Selain itu, jika kamu memutuskan untuk mengganti Blogspot dengan domain-mu sendiri (misalkan dari “sayabelajarmenulis.blogspot.com” menjadi “sayabelajarmenulis.com”), prosesnya sangatlah mudah dan kamu bahkan tidak perlu membeli hosting sendiri.

Alasan lainnya, platform Blogspot sangat mudah digunakan oleh kamu yang sama sekali buta bahasa pemrograman. Cara menambahkan elemen-elemen baru di dalamnya sangat mudah, tinggal satu-dua klik saja sudah selesai.

Sebelum membuat blog pastikan kamu memiliki akun Gmail. Karena blog sekarang adalah milik perusaahaan raksasa google.

Untuk membuat blog masuklah ke alamat www.Blogger.com, pilih buat blog baru dan isilah list (judul blog, alamat, dan pilih templat) yang diminta. Untuk membuat blog di blogger itu sangat mudah tinggal ikuti petunjuk yang diberikan.

Cara membuat tampilan blog baru kamu lebih keren dan elegan. Jika blog kamu sudah jadi tinggal diganti template yang kamu inginkan, banyak template blog keren yang bisa kamu download secara gratis. Salah satu yang saya contohkan di http://btemplates.com/
disitu ada banyak sekali template, pilih mana yang kamu suka lalu klik link DEMO setelah itu download untuk bisa kamu terapkan di blog kamu. Agar orang yang melihat blog kamu semakin banyak sangat di sarankan untuk memilih template yang responsive sehingga dapat dilihat dari gadget.

Hasil download nanti akan berbentuk .zip. Extract dulu folder dan di dalamnya nanti kamu akan mendapatkan file xml, nah file itu yang nantinya dapat kamu upload. Setelah itu buka blog kamu dan masuk ke menu TEMPLATE cari tombol Backup/restore atau kalau dalam bahasa Indonesia cadangkan dan pulihkan di kanan atas layar.

Pilih upload template dari komputer dan pilih file xml, lalu unggah. Tunggu sampai unggahan selesai, dan kamu akan melihat tampilan dari blog yang lebih keren sesuai dengan template yang kita download. Template ini bisa sobat edit lagi agar lebih SEO Friendly dengan klik EDIT HTML.

Sudah siapkah sobat membuat blog? Semoga langkah-langkah secara teknis yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk sobat yang ingin mempunyai blog. Selamat membuat blog sesuai dengan selera sobat sekalian.